Perginya MF Siregar, Sang Teknokrat Olahraga Indonesia

5 Oct
Setelah menderita sakit selama satu bulan lebih akibat stroke, persisnya pada 30 Agustus 2010, dan dirawat di rumah sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Mangombar Ferdinand Siregar yang lebih dikenal dengan MF. Siregar dan selalu akrab disapa dengan panggilan ‘Opung’, pada hari Minggu kemarin (03 Oktober 2010) meninggal dunia dalam usia 82 tahun sekitar jam 14.20 wib.

MF. Siregar kelahiran Jakarta, 11 November 1928 ini, menghabiskan sebagian hidupnya hanya pada dunia olahraga. Terakhir beliau menjadi sekjen PBSI periode 2004-2008, sebelumnya juga pernah menjadi Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) periode 1983-1987. Tak heran beliau mendapat julukan Teknokrat Olahraga Indonesia.

Keterlibatan dalam olahraga digeluti MF. Siregar setelah menamatkan pendidikan dari Akademi Pendidikan Jasmani, Bandung tahun 1954 dengan menjadi guru olahraga di Sekolah Guru Pendidikan Jasmani (SGPJ) Bandung dari tahun 1955-1958. Kemudian menjadi Kepala Kursus Bw1 Pendidikan Jasmani Bandung 1958 hingga 1962. Setelah itu menjadi Pengajar Fakultas Pendidikan Unpad dari 1962-1965.

Pada saat akan berlangsungnya Asian Games IV pada tahun 1962 di Jakarta, MF. Siregar mendapat kepercayaan sebagai pelatih kepala renang, loncat indah dan polo air. Usai Asian Games 1962, MF. Siregar melanjutkan pendidikannya di Springfield College Massachusetts, AS dan menyelesaikan kuliahnya pada tahun 1965 dengan meraih gelar M.Sc. Sementara gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) diperoleh dari Universitas Negeri Jakarta pada 4 Agustus 2004.

Keberhasilan Indonesia meraih medali emas pertama kali pada Olimpiade Barcelona tahun 1992 tak bisa dilepaskan dari kerja keras MF. Siregar. Sebagai pimpinan proyek tim bulutangkis RI menuju Olimpiade, MF. Siregar mengantar Alan Budikusuma dan Susi Susanti meraih dua medali emas.

Sebagai pembina olahraga MF. Siregar cukup dengan atlit-atlit yang dibinanya. ‘’Pengorbanan dan dedikasi Beliau buat kemajuan bulutangkis Indonesia merupakan teladan bagi kita semua,’’ ungkap Hariyanto Arbi, mantan pebulutangkis nasional yang menyampaikan kabar pertama kali kepada Bulutangkis.com. ‘’Beliau hingga akhir hayatnya masih peduli dengan mantan pemain, kalau kami butuh bantuan, Beliau tidak segan-segan membantu tanpa pamrih,’’ lanjut Hariyanto Arbi menilai sikap almarhum MF. Siregar.

Mantan pebulutangkis nasional Rosiana Tendean bersama Alan Budikusuma dan Susi Susanti yang berada di rumah sakit saat MF. Siregar berpulang menyampaikan, ’’Beliau sangat dekat dengan atlit karena sifat kebapakannya. Kalau atlit ada masalah selalu datang ke dia.’’ Rosiana juga mengungkapkan bahwa pada tahun 1992 saat persiapan Olimpiade Barcelona menceritakan bagaimana MF. Siregar yang menjadi Ketua Bidang Pembinaan dan sebagai pimpinan proyek mau turun tangan langsung menangani pelatihan phisik atlit yang akan berlaga di olimpiade.

Pada hari ulang tahun 2008, bersamaan dengan perayaan ulang tahun MF. Siregar yang ke 80 sebuah acara penghargaan dilakukan dengan peluncuran buku biografi MF Siregar berjudul Matahari Olahraga Indonesia yang disusun oleh Brigitta Isworo Laksmi & Primastuti Handayani. Pada kesempatan yang sama juga Rosiana Tendean bersama teman-teman menyerahkan kumpulan tulisan tentang MF. Siregar. ‘’Saat dirawat di rumah sakit, Opung juga minta saya membantu persiapan ulang tahunnya yang ke 82 November nanti,’’ ungkap Rosiana Tendean menilai tingginya semangat hidup yang dimiliki MF. Siregar.

MF. Siregar meninggalkan 5 orang anak dari hasil perkawinannya dengan Darliah Nasution, yang telah lebih dahulu meninggal dunia sepuluh tahun lalu di Adelaide, Australia. Serta menginggalkan 9 orang cucu.

Saat ini jenazah MF Siregar disemayamkan di rumah duka Jl. Kemanggisan Ilir No. 1 D, Jakarta. Rencana pemakaman akan dilaksanakan pada hari Selasa, 05 Oktober 2010 di Taman Pemakaman Umum Petamburan, Jakarta. (efka)

sumber : http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=6550
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: