Kejuaraan Dunia FIBA: Derbi Keras Amerika Latin

30 Sep

Argentina akhirnya memenangi derbi keras Amerika Latin di babak 16 Besar Kejuaraan Dunia Bola Basket 2010 di Istanbul Turki. Dalam partai yang disebut-sebut sebagai yang terbaik di babak 16 besar, Argentina menang tipis 93-89, Rabu dini hari WIB.

Argentina menurunkan starter Hernan Jasen, Carlos Delfino, Pablo Prigioni, Fabrizio Oberto, dan Luis Scola saat menghadapi Brasil. Sementara Brasil menurunkan Alex Garcia, Marcelo Huertas, Leandro Barbosa, Anderson Varejao, dan Guilherme Giovannoni.

Kedua tim tampil dengan tempo tinggi. Argentina maupun Brasil sama-sama ngotot menang. Kedua tim berbagi angka sama kuat 25-25.

Dominasi Argentina, sebagai tim peringkat pertama FIBA, masih terjadi di kuarter kedua. Namun perlahan dan pasti, Brasil mengejar angka. Lewat tembakan 3 angka maupun inside game, Brasil unggul tipis 23-21.

“Laga yang berlangsung keras. Intensitas terjadi sangat tinggi. Benturan fisik menjadi warna pertandingan ini,” kata Marcelo Huertas, guard Brasil.

Argentina mampu menyamakan kedudukan hingga akhir kuarter ketiga setelah menang 20-18 di kuarter ketiga. Pada laga penentuan di kuarter keempat, kemenangan Argentina ditentukan pada 1,5 menit terakhir dan memimpin kuarter keempat dengan 27-23.

Tembakan 3 angka Huertas pada akhir kuarter keempat tak mampu mengejar marjin ketinggalan Brasil. Apalagi Argentina menerapkan defense ketat pada 2 menit terakhir. Luis Scola membuat 2 tembakan bebas penting di akhir kuarter keempat.

“Saya senang dengan hasil ini. Anak-anak bermain dengan konsentrasi penuh. Sebuah laga yang sangat melelahkan,” kata Sergio Hernandez, pelatih Argentina.

“Saya kecewa sekali dengan hasil ini,” tambah Huertas.

Luis Scola tampil sebagai bintang Argentina dengan 37 angka 9 rebound, diikuti Carlos Delfino 20 angka. Delfino memasukkan 4 dari 7 tembakan 3 angka. Pembuat angka dobel digit Argentina lainnya adalah Jasen yang menyumbang 15 angka.

Dari Brasil, Huertas mengemas 32 angka diikuti Leandro Barbosa 20 angka. Tiago Splitter dan Machado sama-sama membuat 10 angka.

“Selamat kepada Argentina. Mereka bermain sangat baik dan solid,” ungkap Ruben Magnano, pelatih Brasil.

Argentina akan bertemu Lituania di babak perempat final.

Sumber : http://www.bolanews.com/basket/basket-lain/13433-Kejuaraan-Dunia-FIBA-Derbi-Keras-Amerika-Latin.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: